Minggu, 06 Maret 2016

PENTINGNYA MANAJEMEN WAKTU DALAM MEMBANGUN GENERASI BERKUALITAS

         PENTINGNYA MANAJEMEN WAKTU DALAM MEMBANGUN GENERASI BERKUALITAS

A.    Latar Belakang
Generasi muda merupakan sebuah generasi penerus bangsa yang akan membuat Indonesia semakin maju dan sejahtera. Sudah seharusnyalah generasi muda saat ini mempunyai pendidikan, sikap dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari mereka, agar bisa membangun generasi muda yang berkualitas. Namun kenyataan yang terjadi saat ini justru kebanyakan para pemuda telah berada di ambang kehidupan yang tak karuan. Mereka terkadang sangat sulit untuk mengatur kehidupan sehari-hari  serta mengerjakan semua pekerjaan mereka dengan baik. Semua itu disebabkan karena berkurangnya kesanggupan mereka dalam memanage waktu dengan baik dan benar.
Jika para generasi muda dapat mengatur setiap waktu dengan baik, maka semua pekerjaan mereka akan terlaksana hingga tuntas. Namun sayangnya, Banyak generasi muda merasa bahwa kebiasaan belajar serta perilaku dalam mengatur waktu yang dilakukannya sudah memadai dan efisien. Memang tidak ada satu cara yang ampuh yang berlaku bagi semua orang dalam manajemen waktu, tetapi dengan mengenali diri sendiri dengan lebih baik dapat menentukan bagaimana cara mempergunakan waktu dengan lebih efektif. Waktu sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Maka dari itu manajemen waktu sangat diperlukan agar waktu tidak terbuang sia-sia.
Manajemen waktu diperlukan sebagai sarana pembantu diri agar waktu yang kita punya tidak terbuang sia-sia belaka. Artikel ini akan membahas mengenai pentingnya manajemen waktu demi menciptakan generasi berkualitas.
B.     Pembahasan
Mempunyai keahlian dalam manajemen waktu bukanlah semudah membalikkan telapak tangan, perlu kedisiplinan diri serta keinginan kuat dari dalam hati. “Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, manajemen adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, waktu merupakan seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung.”[1]
Waktu merupakan kumpulan peristiwa kehidupan dan anugerah Tuhan yang sangat berharga bagi manusia, karena dengan waktu manusia bisa menciptakan berbagai peristiwa serta mengatur laju kehidupan dengan sebaik-baiknya. “waktu adalah kehidupan. Waktu memiliki sifat unik;  cepat berlalu tanpa terasa. Kebanyakan orang baru menyadari hal itu setelah terlambat.”[2] Karena itulah waktu sangat penting dalam setiap kehidupan manusia. Ketika seseorang bisa mengatur satu jam dari waktunya, berarti ia merupakan seseorang yang serius dan efektif. Jika dapat mengatur satu menit, berarti ia sukses dan beruntung. Dan jika dapat menngatur satu detik dalam hidup, bisa dikatakan bahwa manajemen waktunya sangat brilian dan cemerlang.
Salah satu dalam manajemen waktu yang baik yaitu strategi mengatur waktu bagi mahasiswa dalam membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Berikut adalah beberapa strategi yang mungkin membantu membuat jadwal kegiatan menjadi efektif dan efesien. Antara lain:
a.    Identifikasi waktu terbaik pada setiap harinya
Apakah Anda termasuk seorang “night person” atau “morning person”? Gunakan kekuatan waktu tersebut untuk belajar. Belajar pada waktu terbaik setiap harinya - apakah itu pagi (jika anda seorang “morning person”) atau malam hari (jika anda seorang “night person”) - memungkinkan anda menyelesaikan tugas dalam waktu yang lebih singkat.
b.    Belajar subyek yang sulit atau membosankan lebih dulu.
Dalam keadaan segar, informasi dapat diproses lebih cepat dan anda jadi lebih menghemat waktu. Alasan lainnya adalah lebih mudah mendapatkan motivasi untuk mempelajari sesuatu yang menyenangkan pada saat lelah daripada mempelajari subyek yang membosankan.
c.    Pastikan bahwa lingkungan sekitar kondusif untuk belajar.
Perpustakaan adalah tempat yang baik untuk belajar karena satu-satunya yang bisa dilakukan di perpustakaan adalah belajar. Tetapi jika perpustakaan tidak memungkinkan untuk belajar (karena jam operasi yang terbatas, misalnya), carilah tempat (dan waktu) yang memang benar-benar jauh dari gangguan.
d.   Jangan tinggalkan rekreasi dan hiburan.
Kuliah di perguruan tinggi tidak berarti anda harus belajar sepanjang waktu. Anda harus tetap mempunyai kehidupan sosial demi keseimbangan hidup anda. Jadi, tidak ada salahnya anda menjadwalkan berkunjung dan mengobrol dengan teman atau mengerjakan hobi anda yang lain.
e.    Usahakan anda punya waktu tidur dan makan yang cukup dan berkualitas.
Tidur seringkali dianggap sebagai “bank” dalam manajemen waktu. Maksudnya, setiap kali anda mendapat tugas yang membutuhkan waktu cukup banyak, anda akan “mengambil” waktu tidur anda untuk mengerjakan tugas. Hal ini jelas tidak efektif karena anda pasti akan memerlukan waktu yang lebih banyak lagi untuk mengerjakan tugas karena tubuh anda kelelahan sehingga kurang konsentrasi. Jadi kebutuhan tidur anda haruslah tetap diperhatikan.
f.     Manfaatkan waktu menunggu atau kombinasikan dua kegiatan.
Jika anda menggunakan transpotasi umum untuk pergi dan pulang dari kampus anda seringkali harus menunggu beberapa menit bahkan beberapa jam di halte atau peron. Mengapa tidak manfaatkan waktu menunggu tersebut untuk membaca? Bawalah catatan atau ringkasan kuliah kemana pun anda pergi dan baca setiap ada kesempatan meskipun hanya satu paragraf.
Berdasarkan strategi diatas, sudah jelas bahwa diperlukan keseriusan untuk dapat     mengatur waktu dengan baik serta betapa pentingnya manajemen waktu sehingga dapat membangun generasi berkualitas untuk masa depan bangsa Indonesia.
C.     Kesimpulan
Manajemen waktu sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama para mahasiswa yang tentunya mempunyai berbagai kegiatan tambahan. Agar waktu yang telah direncanakan berjalan dengan baik, diperlukan strategi dalam mengaturnya.







DAFTAR PUSTAKA
As-syarman Abdullah Ali. Anda Penguasa Waktu, Seni Menata Waktu. Maghfirah Pustaka. Jakarta. 2006.
Widani. Saudah Modul Manajemen Waktu Yang Produktif. Malang. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2013.


[1] Saudah Widani, Modul Manajemen Waktu Yang Produktif, Malang. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. 2013. Hal, 10
[2] As-syarman Abdullah Ali. Anda Penguasa Waktu, Seni Menata Waktu. Maghfirah Pustaka. Jakarta. 2006. Hal. 09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar