Rabu, 15 November 2017

KEDUDUKAN PUBLIK RELATION (PR)


Dizaman modern ini, yang mana teknologi semakin canggih dengan berbagai variasi yang dimiliki, didalam suatu perusahaan terdapat public relation (PR) yang berkaitan erat dengan teknologi dan harus senantiasa update terhadap setiap perkembangan teknologi terutama kemajuan media social. Kemampuan dan keberhasilan PR dalam melakukan tugasnya melalui kegiatan komunikasi dan penerapan strategi komunikasi secara tepat sasaran akan sangat menentukan keberhasilan perusahaan dalam mempertahankan dan meningkatkan reputasinya. Dengan demikian, agar dapat membangun reputasi perusahaan dengan baik, praktisi PR harus dapat menjalin komunikasi dengan masyarakat sebagai stakeholders dan media massa. Karena PR berfungsi untuk membangun dan menjaga hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan antara perusahaan dengan public maupun pihak lain.
Didalam setiap perusahaan maupun organisasi, kegiatan PR dilakukan secara berbeda-beda, terdapat perusahaan yang memiliki divisi bagian PR atau humas dan diberi kepercayaan untuk bergerak pada bagian kehumasan. Terdapat pula perusahaan yang menyerahkan fungsi humas kepada bagian lain yang dianggap relevan, seperti pada bagian kesekretariatan, resepsionis dan bagian umum. Serta terdapat pula perusahaan yang belum menyadari kedudukan PR dalam perusahaan sehingga PR tidak terprogram secara terencana.
Saat ini kedudukan PR mempunyai peran yang sangat penting dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Menurut John Tondowidjojo, dalam buku kedudukan humas dalam organisasi, humas diakui sebagai bagian jajaran kebijakan pimpinan. Humas harus berada langsung dibawah direksi. Humas harus mampu menyampaikan kebijaksanaan pimpinan sehingga ia harus berada dipihak yang berhubungan dengan pimpinan seluruh jajaran manajemen (2004:122).
Suatu perusahaan mampu berkembang dan sukses dikarenakan kemampuan PR dalam menilai serta menciptakan opini public yang baik bagi perusahaan. Sehingga public mampu menerima perusahaan dengan positif. Dengan begitu kedudukan PR juga meranah pada kedudukan eksternal dan internal, yang mana dalam eksternal PR berhubungan langsung dengan masyarakat, konsumen dll. Sedangkan dalam internal PR berkedudukan tinggi dibawah direksi yang menciptakan komunikasi dan sinergi perusahaan.
Selain mempunyai kedudukan tinggi dan penting, praktisi PR juga berperan sebagai, pertama ialah expert preciber communication yang mana praktisi PR dianggap sebagai orang yang ahli. Kedua, problem solving process facilitator yang mana PR berperan sebagai fasilitator dalam proses pemecahan masalah serta dilibatkan dalam setiap manajemen ketika menghadapi krisis. Ketiga, communication facilitator yang mana praktisi PR berperan sebagai jembatan komunikasi antara public dengan perusahaan. Keempat, technician communication yang mana dalam hal ini praktisi PR berperan sebagai pelaksana teknis komunikasi.


Referensi:
John Tondowidjojo, Kedudukan Humas dalam Organisasi,Bandung. Remaja Rosda Karya. 2004. 

1 komentar:

  1. MGM Grand Hotel and Casino - Dr.MCD
    MGM Grand Hotel and Casino is a 평택 출장샵 modern, classic, 보령 출장마사지 and memorable 군산 출장샵 stay at MGM Grand, one of the largest, most spectacular 태백 출장샵 entertainment and 익산 출장안마 gaming

    BalasHapus