Kamis, 05 April 2018

ANALISIS SWOT


BAB I

PENDAHULUAN

Hal-hal pokok yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan baik itu dalam bidang barang ataupun jasa adalah pemasaran, dalam era modern ini pengertian pemasaran bukan lagi bertemunya antara pembeli dan penjual, namun pemasaran dapat diiartikan dimana terdapat calon penjual dan pembeli hingga terjadi sebuah transaksi. Di era modern ini digital sangat berkembang pesat tanpa harus bertemu satu sama lain sudah dapat bertransaksi. Sehingga persaingan semakin kompetitif, setiap pelaku bisnis berlomba-lomba ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar sehingga pelaku bisnis memberikan perhatian penuh pada srategi pemasaran yang dijalankan.
Hampir semua pelaku bisnis menggunakan kajian SWOT untuk menentukan tujuan dan menggariskan tindakan pencapaian tujuan. Analisis SWOT (strengths, weaknesses, opportinuties, and threats) merupakan satu alat yang berguna bagi industri. Proses penggunaan manajemen analisis SWOT menghendaki adanya suatu survei internal tentang strengths (kekuatan) dan weakness ( kelemahan) program, serta survei eksternal atas opportunities (ancaman) dan threats (peluang/ kesempatan).
Analisis SWOT merupakan teknik yang sederhana, mudah dipahami dan dapat diaplikasikan dalam menetukan atau merumuskan strategi-strategi dan kebijakan-kebijakan untuk pengelolaan admistrasi. Sehingga SWOT tidak mempunyai akhir, artinya dapat berubah sesuai dengan perkembangan jaman.

1.      Apa pengertian Analisis SWOT?
2.      Apa saja manfaat Analisis SWOT?

1.      Mengetahui dan memahami penjelasan analisis SWOT
2.      Dapat dijadikan acuan dalam berbisnis dengan pengetahuan dasar analisis SWOT


A.    Pengertian Analisis SWOT
Analisis adalah suatu kegiatan untuk memahami seluruh informasi yang terdapat pada suatu kasus, mengetahui isu apa yang sedang terjadi, dan memutuskan tindakan apa yang harus segera dilakukan untuk memecahkan masalah, meneliti terhadap perbuatan atau keadaan yang sebenarnya.[1]

Kata SWOT diterangkan secara lebih rinci melalui kata demi kata sebagai berikut:
S= Strength (kekuatan/potensi): Suatu keadaan atau kondisi yang ada atau dimiliki, yang dianggap merupakan hal-hal yang baik dalam hal kelola lingkungan.
W= Weakness (kelemahan/masalah): Suatu keadaan atau kondisi yang ada atau dimiliki, yang dirasakan atau dianggap sebagai hal-hal yang kurang baik atau kurang menyenangkan dalam hal kelola lingkungan.
O= Opportunity (kesempatan/peluang): Suatu keadaan atau kondisi baik yang ada atau yang sudah atau belum terjadi di dalam maupun di sekitar daerah dalam hal kelola lingkungan.
T= Threat (ancaman/hambatan): Suatu keadaan atau kondisi tidak baik yang ada atau yang sudah atau akan terjadi di dalam maupun di sekitar daerah yang dapat menghambat dan mengancam proses kelola lingkungan. [2]

Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor yang untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan ( strengts) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan  kelemahan (weakness) dan ancaman ( threats). Keputusan strategis perusahaan perlu pertimbangan faktor internal yang mencakup kekuatan dan kelemahan maupun faktor eksternal yang mencakup peluang dan ancaman. Oleh karena itu perlu adanya pertimbangan-pertimbangan penting untuk analisis SWOT.[3]
Penjelasan mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
a. Strenght (S), Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
b. Weaknesses (W), Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
c. Opportunity (O), Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
d. Threats (T), Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.


B.     Manfaat Analisis SWOT
Metode analisis SWOT bisa dianggap sebagai metode analisis yang paling dasar, yang bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda. Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang terlupakan atau tidak terlihat selama ini.
Dari pembahasan diatas tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Adapun manfaat yang akan didapatkan dengan adanya analisis SWOT, berikut ini beberapa diantaranya:
1.      Sebagai panduan bagi perusahaan untuk menyusun berbagai kebijakan strategis terkait rencana dan pelaksanaan di masa akan datang. Dengan adanya analisa ini, maka diharapkan perusahaan akan mampu memilih kebijakan dan rencana terbaik untuk perkembangan bisnis di masa akan datang.
2.      Menjadi bentuk bahan evaluasi kebijakan strategis dan sistem perencanaan sebuah perusahaan. Analisa SWOT akan membantu perusahaan dalam memikirkan berbagai upaya evaluasi kebijakan yang dirasa merugikan dan mana yang menguntungkan. Menetapkan berbagai rancangan terbaru sebagai solusi berbagai masalah yang ditemukan melalui evaluasi analisa SWOT tersebut.
3.      Memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan, selanjutnya melalui informasi yang ada tersebut akan menjadi pedoman bagi pemilik perusahaan maupun perancang kebijakan untuk melakukan berbagai kebijakan baru sebagai solusi atas hasil analisa yang sudah ada.
4.      Memberikan tantangan ide-ide baru bagi pihak manajemen perusahaan. Adanya berbagai permasalahan seperti kelemahan, peluang serta kekuatan yang kecil ataupun ancaman dari pihak luar akan mendorong bagian dari manajemen perusahan untuk menemukan berbagai ide kebijakan yang lebih fresh dan akan lebih efektif menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada.
Dari sudut ekonomi manfaat secara umum analisis SWOT dalam mendukung manajemen pengambilan keputusan, yaitu :
1.              Mampu memberikan gambaran organisasi dari empat sudut dimensi, yaitu kekuatan dan kelemahan, serta peluang dan kelemahan. Sehingga pengambil keputusan bisa melihat dari empat dimensi ini secara lebih kemprehensif.
2.              Dapat dijadikan sebagai rujukan pembuat rencana keputusan jangka panjang.
3.              Mampu memberikan pemahaman kepada stakeholders yang berkeinginan menaruh simpati bahkan bergabung dengan perusahaan dalam suatu ikatan kerjasama yang saling menguntungkan.
4.              Dapat dijadikan penilai secara rutin dalam melihat progress report dari setiap keputusan yang telah dibuat selama ini.















Analisis SWOT merupakan suatu analisis yang penting dalam suatu perusahaan, karena dengan adanya analisis SWOT dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Analisis SWOT terdiri dari 4 kata, antara lain strenght (s), yaitu analisis kekuatan, weaknesses (w), yaitu analisi kelemahan, opportunity (o), yaitu analisis peluang, dan threats (t), yaitu analisis ancaman.
Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Analisis SWOT sendiri bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda.

Demikianlah tugas penyusunan makalah ini kami persembahkan. Harapan kami untuk mengembangkan potensi yang ada dengan harapan dapat bermanfaat dan bisa difahami oleh para pembaca. Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para pembaca, khususnya dari  Dosen yang telah membimbing kami dan para Mahasiswa demi kesempurnaan makalah ini. Apabila ada kekurangan dalam penyusunan makalah ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.



Depdikbud, kamus besar bahasa indonesia, jakarta: balai pustaka  Depdikbud, 1990
Pro LH kalimantan, BAPEDA PROLINK HRB, bahan pelatihan:pelatihan manajer pelatihan. (Denpasar, 1996
Freddy Rangkuti, analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, jakarta: PT. Gramedia pustaka utama, 2004



[1] Depdikbud, kamus besar bahasa indonesia, (jakarta: balai pustaka  Depdikbud, 1990) hal 935
[2] Pro LH kalimantan, BAPEDA PROLINK HRB, bahan pelatihan:pelatihan manajer pelatihan, (Denpasar, 1996,td)
[3] Freddy Rangkuti, analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, (jakarta: PT. Gramedia pustaka utama, 2004), hal 18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar