BAB I
PENDAHULUAN
Hal-hal
pokok yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan baik itu dalam bidang barang
ataupun jasa adalah pemasaran, dalam era modern ini pengertian pemasaran bukan
lagi bertemunya antara pembeli dan penjual, namun pemasaran dapat diiartikan
dimana terdapat calon penjual dan pembeli hingga terjadi sebuah transaksi. Di
era modern ini digital sangat berkembang pesat tanpa harus bertemu satu sama
lain sudah dapat bertransaksi. Sehingga persaingan semakin kompetitif, setiap
pelaku bisnis berlomba-lomba ingin memenangkan kompetisi dalam persaingan pasar
sehingga pelaku bisnis memberikan perhatian penuh pada srategi pemasaran yang
dijalankan.
Hampir
semua pelaku bisnis menggunakan kajian SWOT untuk menentukan tujuan dan menggariskan
tindakan pencapaian tujuan. Analisis SWOT (strengths, weaknesses,
opportinuties, and threats) merupakan satu alat yang berguna bagi industri. Proses
penggunaan manajemen analisis SWOT menghendaki adanya suatu survei internal
tentang strengths (kekuatan) dan weakness ( kelemahan) program, serta survei
eksternal atas opportunities (ancaman) dan threats (peluang/ kesempatan).
Analisis
SWOT merupakan teknik yang sederhana, mudah dipahami dan dapat diaplikasikan
dalam menetukan atau merumuskan strategi-strategi dan kebijakan-kebijakan untuk
pengelolaan admistrasi. Sehingga SWOT tidak mempunyai akhir, artinya dapat
berubah sesuai dengan perkembangan jaman.
1.
Apa
pengertian Analisis SWOT?
2.
Apa saja
manfaat Analisis SWOT?
1.
Mengetahui
dan memahami penjelasan analisis SWOT
2.
Dapat
dijadikan acuan dalam berbisnis dengan pengetahuan dasar analisis SWOT
A.
Pengertian
Analisis SWOT
Analisis adalah suatu kegiatan untuk memahami seluruh informasi
yang terdapat pada suatu kasus, mengetahui isu apa yang sedang terjadi, dan
memutuskan tindakan apa yang harus segera dilakukan untuk memecahkan masalah,
meneliti terhadap perbuatan atau keadaan yang sebenarnya.[1]
Kata SWOT diterangkan secara lebih rinci melalui kata demi kata
sebagai berikut:
S= Strength (kekuatan/potensi): Suatu keadaan atau kondisi yang ada
atau dimiliki, yang dianggap merupakan hal-hal yang baik dalam hal kelola
lingkungan.
W= Weakness (kelemahan/masalah): Suatu keadaan atau kondisi yang
ada atau dimiliki, yang dirasakan atau dianggap sebagai hal-hal yang kurang
baik atau kurang menyenangkan dalam hal kelola lingkungan.
O= Opportunity (kesempatan/peluang): Suatu keadaan atau kondisi
baik yang ada atau yang sudah atau belum terjadi di dalam maupun di sekitar
daerah dalam hal kelola lingkungan.
T= Threat (ancaman/hambatan): Suatu keadaan atau kondisi tidak baik
yang ada atau yang sudah atau akan terjadi di dalam maupun di sekitar daerah
yang dapat menghambat dan mengancam proses kelola lingkungan. [2]
Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan
atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha
penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan
jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor yang untuk
merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat
memaksimalkan kekuatan ( strengts) dan peluang (opportunities), namun secara
bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weakness)
dan ancaman ( threats). Keputusan strategis perusahaan perlu pertimbangan
faktor internal yang mencakup kekuatan dan kelemahan maupun faktor eksternal
yang mencakup peluang dan ancaman. Oleh karena itu perlu adanya
pertimbangan-pertimbangan penting untuk analisis SWOT.[3]
Penjelasan
mengenai 4 (empat) komponen analisis SWOT, yaitu :
a. Strenght
(S), Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan
dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang perlu di
lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu
menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya.
Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka
keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan
tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.
b.
Weaknesses (W), Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan
kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara
menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang
menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
c.
Opportunity (O), Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan
peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang
berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang
ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa
berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
d. Threats
(T), Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang
harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi
berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan
atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi,
ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan
baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.
B.
Manfaat
Analisis SWOT
Metode analisis SWOT
bisa dianggap sebagai metode analisis yang paling dasar, yang bermanfaat untuk
melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4 empat sisi yang berbeda.
Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk
mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang
ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Jika digunakan
dengan benar, analisis ini akan membantu untuk melihat sisi-sisi yang
terlupakan atau tidak terlihat selama ini.
Dari pembahasan diatas
tadi, analisis SWOT merupakan instrumen yang bermanfaat dalam melakukan
analisis strategi. Analisis ini berperan sebagai alat untuk meminimalisasi
kelemahan yang terdapat dalam suatu perusahaan atau organisasi serta menekan
dampak ancaman yang timbul dan harus dihadapi.
Adapun manfaat yang
akan didapatkan dengan adanya analisis SWOT, berikut ini beberapa diantaranya:
1. Sebagai panduan bagi perusahaan untuk menyusun berbagai kebijakan strategis
terkait rencana dan pelaksanaan di masa akan datang. Dengan adanya analisa ini,
maka diharapkan perusahaan akan mampu memilih kebijakan dan rencana terbaik
untuk perkembangan bisnis di masa akan datang.
2. Menjadi bentuk bahan evaluasi kebijakan strategis dan sistem perencanaan
sebuah perusahaan. Analisa SWOT akan membantu perusahaan dalam memikirkan
berbagai upaya evaluasi kebijakan yang dirasa merugikan dan mana yang
menguntungkan. Menetapkan berbagai rancangan terbaru sebagai solusi berbagai
masalah yang ditemukan melalui evaluasi analisa SWOT tersebut.
3. Memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan, selanjutnya melalui
informasi yang ada tersebut akan menjadi pedoman bagi pemilik perusahaan maupun
perancang kebijakan untuk melakukan berbagai kebijakan baru sebagai solusi atas
hasil analisa yang sudah ada.
4. Memberikan tantangan ide-ide baru bagi pihak manajemen perusahaan. Adanya
berbagai permasalahan seperti kelemahan, peluang serta kekuatan yang kecil
ataupun ancaman dari pihak luar akan mendorong bagian dari manajemen perusahan
untuk menemukan berbagai ide kebijakan yang lebih fresh dan akan lebih efektif
menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada.
Dari sudut ekonomi manfaat secara umum analisis SWOT dalam mendukung
manajemen pengambilan keputusan, yaitu :
1.
Mampu memberikan
gambaran organisasi dari empat sudut dimensi, yaitu kekuatan dan
kelemahan, serta peluang dan kelemahan. Sehingga pengambil keputusan bisa
melihat dari empat dimensi ini secara lebih kemprehensif.
2.
Dapat dijadikan sebagai
rujukan pembuat rencana keputusan jangka panjang.
3.
Mampu memberikan pemahaman
kepada stakeholders yang berkeinginan menaruh simpati bahkan bergabung
dengan perusahaan dalam suatu ikatan kerjasama yang
saling menguntungkan.
4.
Dapat dijadikan penilai
secara rutin dalam melihat progress report dari setiap keputusan yang
telah dibuat selama ini.
Analisis SWOT merupakan suatu analisis yang penting dalam suatu
perusahaan, karena dengan adanya analisis SWOT dapat membantu perusahaan untuk
mencapai tujuannya. Analisis SWOT terdiri dari 4 kata, antara lain strenght (s), yaitu
analisis kekuatan, weaknesses (w), yaitu
analisi kelemahan, opportunity (o), yaitu
analisis peluang, dan threats (t), yaitu
analisis ancaman.
Hasil dari analisa biasanya berupa arahan ataupun rekomendasi untuk
mempertahankan kekuatan dan untuk menambah keuntungan dari segi peluang yang
ada, sambil mengurangi kekurangan dan juga menghindari ancaman. Analisis SWOT
sendiri bermanfaat untuk melihat suatu topik ataupun suatu permasalahan dari 4
empat sisi yang berbeda.
Demikianlah tugas penyusunan makalah ini kami persembahkan. Harapan kami
untuk mengembangkan potensi yang ada dengan harapan dapat bermanfaat dan bisa
difahami oleh para pembaca. Kritik dan saran sangat kami harapkan dari para
pembaca, khususnya dari Dosen yang telah
membimbing kami dan para Mahasiswa demi kesempurnaan makalah ini. Apabila ada
kekurangan dalam penyusunan makalah ini, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Depdikbud,
kamus besar bahasa indonesia, jakarta: balai pustaka Depdikbud, 1990
Pro
LH kalimantan, BAPEDA PROLINK HRB, bahan pelatihan:pelatihan manajer
pelatihan. (Denpasar, 1996
Freddy
Rangkuti, analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, jakarta: PT.
Gramedia pustaka utama, 2004
[1] Depdikbud, kamus besar bahasa indonesia, (jakarta: balai
pustaka Depdikbud, 1990) hal 935
[2] Pro LH kalimantan, BAPEDA PROLINK HRB, bahan pelatihan:pelatihan
manajer pelatihan, (Denpasar, 1996,td)
[3] Freddy Rangkuti, analisis SWOT teknik membedah kasus bisnis, (jakarta:
PT. Gramedia pustaka utama, 2004), hal 18
Tidak ada komentar:
Posting Komentar