Rabu, 08 November 2017

Sebuah Pengantar/ Pengertian. Apa itu public Relation?

      Zaman telah berganti dengan era teknologi yang semakin canggih, setiap perusahaan mempunyai cara tersendiri untuk memajukan usaha mereka dengan memanfaatkan teknologi. Adapun untuk dapat mengaplikasikan dan mengenalkan pekerjaan maupun produk mereka ke ranah publik, diperlukan publik relation. Publik relation (PR) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah hubungan masyarakat (Humas), yang merupakan sebuah profesi yang menciptakan opini publik yang menguntungkan antara kedua belah pihak, yaitu pihak perusahaan atau organisasi dan pihak konsumen atau publik. Profesi ini merupakan profesi professional dalam bidangnya, karena profesi public relation sangat diperlakukan untuk mencapai tujuan perusahaan maupun organisasi dengan cepat, tepat dan akurat demi keberlangsungan perusahaan maupun organisasi tersebut kedepannya.
Agar bisa mengetahui cara kerja publik relation, tentunya diperlukan pengetahuan mengenai pengertian dasar dari public relation itu sendiri. apabila dilihat dari segi bahasa, publik relation berasal dari dua kata bahasa inggris, yaitu public yang berarti publik atau masyarakat umum dan relation yang berarti hubungan. Sedangkan secara istilah, publik relation berarti strategi perusahaan atau organisasi untuk membangun hubungan baik dengan publik agar bisa mendapatkan opini yang positif dari kalangan masyarakat. Menurut John E Marston, dalam buku Modern Public Relation,  “Public Relation is planned, persuasive communication designed to influence significant public” yang berarti hubungan masyarakat itu direncanakan, komunikasi secara persuasive dirancang untuk mempengaruhi masyarakat secara signifikan.
Sedangkan menurut Teguh Meinanda dalam buku “The British Institute Of Public Relations”, publik relation adalah keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya. Adapun menurut J.C. Seidel yang merupakan Public Relation Director Of Housing, State Of New York dalam buku Soemirat dan Ardianto, II00II, publik relation adalah proses yang terus menerus dari usaha-usaha manajemen untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari para pelanggannya, para pekerjanya, dan masyarakat luas. kedalam dengan pengadaan analisis dan perbaikan-perbaikan terhadap diri sendiri, keluar dengan mengadakan pernyataan-pernyataan.
Menurut Wilcox dan Cameron, dalam buku Dasar-Dasar Publik Relation, mengemukakan bahwa “Public relation is a management function, of a continuing and planned character, through which public and private organizations and institutions seek to win and retain the understanding, symphathy, and support of those with whom there are or maybe concerned by evaluating public opinion about themselves, in order to correlate, as far as possible their own policies and producers to achieve by planned and widespread information more productive corporation and more efficient fulfillment of their common interests” yang berarti publik relation adalah fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi atau lembaga umum dan swasta untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang mempunyai hubungan atau kaitan, dengan cara mengevaluasi opini publik mengenai organisasi atau lembaga tersebut, dalam rangka mencapai kerjasama yang lebih produktif dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas.
Berdasarkan pengertian publik relation dari para ahli diatas, dapat dipahami bahwasanya publik relation merupakan komunikasi perusahaan dalam membentuk hubungan dengan kolompok-kelompok masyarakat yang tentunya mempunyai berbagai kepentingan yang berbeda, diantaranya konsumen, pemegang saham, karyawan, masyarakat serta kelompok-kelompok sosial yang berbeda-beda. Yang mana didalamnya juga terdapat publisitas sehingga membuat publik berfikir positif mengenai perusahaan atau organisasi tersebut.
Seorang publik relation haruslah mengerti dan paham betul dengan semua jejaring sosial ataupun media massa yang ada di internet, seperti facebook, blog, instagram, youtube, dan lain sebagainya. karena saat ini masyarakat bebas mengemukakan pendapat mereka melalui jejaring sosial yang ada, dan tidak heran apabila nantinya akan ada masyarakat yang mengkritik mengenai produk atau usaha yang dilalukan oleh perusahaan ataupun organisasi. Maka dari itu seorang publik relation haruslah mempunyai strategi-strategi tertentu baik dalam berkomunikasi, memasarkan produk atau usahanya, serta update dengan segala kecanggihan teknologi terbaru. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar