Minggu, 12 November 2017

TUJUAN DAN FUNGSI PUBLIK RELATION


        Setelah memahami pengertian dari public relation, tentunya timbul tanda tanya dalam diri kita apa tujuan dan fungsi dari public relation (PR)?  Sebagaimana kita ketahui  bahwa seorang public relation harus mampu menganalisis opini-opini yang ada di masyarakat, dan bukan hanya penyampai pengumuman, tapi juga menyampaikan syiar-syiar yang berguna bagi masyarakat. Tujuan public relation dapat dianalogikan dengan tujuan komunikasi, yaitu mewujudkan hubungan yang harmonis atau menciptakan opini publik yang favorable baik internal maupun eksternal. Diantara tujuan public relation tersebut ialah:
1                       Terpelihara dan terbentuknya rasa saling pengertian antara perusahaan atau organisasi dengan public
2.      Menjaga dan membentuk sikap saling percaya antara perusahaan atau organisasi dengan public maupun pers
3.      Memelihara dan menciptakan kerjasama antara perusahaan atau organisasi dengan public maupun pers.
Sedangkan tujuan kegiatan Public Relations dapat dibagi menjadi dua yaitu:
1.      Internal Public Relations, merupakan tujuan public relations yang berdasarkan kegiatan internal relations yaitu mencakup:
1)      Mengadakan suatu penilaian sikap tingkah laku dan opini publik terhadap perusahaan, terutama mengenai kebijaksanaan perusahaan yang sedang dijalankan
2)      Mengadakan suatu analisa dan perbaikan terhadap kebijakan yang sedang berlangsung, untuk mencapai tujuan yang ditetapkan perusahaan dengan tidak melupakan kepeningan publik
3)      Memberikan penerangan kepada publik karyawan mengenai suatu kebijaksanaan perusahaan yang bersifat obyektif serta menyangkut kepada berbagai aktivitas rutin perusahaan, serta menjelaskan mengenai perkembangan perusahaan tersebut.
4)      Menyusun staff yang efektif bagi penugasan yang bersifat internal publik relations dalam perusahaan.
2.      Eksternal Public Relations, merupakan tujuan yang dimaksudkan untuk mendapatkan dukungan dari publik. Secara praktis tujuan dari eksternal public relations ialah menyelenggarakan komunikasi yang efektif yang mempunyai sifat informatif dan persuasif, agar memperoleh dukungan publik maupun merubah pendapat publik sesuai dengan yang diinginkan oleh komunikator.
         Setelah memahami mengenai tujuan public relation, tentu saja perlu diketahui mengenai fungsi public relation, adapun fungsi dari Public Relations menurut Bettrand R. Canfield, antara lain, sebagai berikut:
1.      Mengabdi kepada kepentingan umum
Suatu perusahaan maupun organisasi akan dapat sukses apabila segala tindakannya adalah sebagai pengabdian kepada kepentingan umum.
2.      Memelihara komunikasi yang baik
Seorang pimpinan yang melakukan kegiatan Public Relations akan berhasil di dalam kepemimpinannya, apabila ia ikut bergaul dengan para karyawannya. Ia harus melakukan kegiatan komunikasi bukan saja dalam hubungan dinas tetapi juga diluar dinasnya.
3.      Menitik beratkan kepada moral dan tingkah laku yang baik
Seorang pemimpin yang baik dalam tingkah lakunya akan menitik beratkan kepada moralitas, ia juga akan mempunyai wibawa apabila tidak cacat moral dan tingkah lakunya. Ia harus menjadi teladan bagi bawahannya.
Tujuan organisasi yang berhubungan dengan publik akan tercapai dan citra atau image positif organisasi akan tetap terjaga apabila fungsi relation public terlaksana dengan baik. Sedangkan menurut Lesly, yang dikutip oleh Yosal Iriantara dalam bukunya Manajemen strategis Public Relations. Fungsi public relation antara lain:   
  1. Prestise atau citra yang favourable dan segenap faedahnya
  2. Promosi produk atau jasa
  3. Mendeteksi dan menghadapi isu dan peluang
  4. Menetapkan postur organisasi ketika berhadapan dengan publiknya
  5. Good will para stokeholder dan konstituen
  6. Mencegah dan memberi solusi masalah perburuhan
  7. Mengayomi good will komunitas tempat organisasi jadi bagiannya
  8. Good will karyawan dan atau anggota organisasinya
  9. Mengatasi permasalahan dan prasangka
  10. Mencegah serangan
  11. Good will para pemasok
  12. Good will pemerintah
  13. Good will bagian lain dari industri
  14. Good will para dealer dan menarik dealer lain
  15. Kemampuan untuk mendapatkan personel terbaik
  16. Pendidikan publik untuk menggunakan produk atau jasa
  17. Pendidikan publik untuk satu titik pandang
  18. Good will para customer atau para pendukung
  19. Investigasi sikap pelbagai kelompok terhadap perusahaan
  20. Merumuskan dan membuat pedoman kebajikan
  21. Mengarahkan perubahan.
         Dari beberapa fungsi diatas, sangat jelas bahwa public relation mempunyai peranan yang sangat penting dalam suatu perusahaan. Praktisi Public Relations senantiasa dihadapkan pada tantangan dan harus menangani berbagai macam fakta yang sebenarnya, terlepas dari apakah fakta itu hitam, putih, atau abu-abu. Perkembangan komunikasi tidak memungkinkan lagi bagi suatu organisasi untuk menutup-nutupi suatu fakta. Citra Public Relations yang ideal adalah kesan yang benar, yakni sepenuhnya berdasarkan pengalaman, pengetahuan, serta pemahaman atas kenyataan yang sesungguhnya. Itu berarti citra tidak seharusnya “dipoles agar lebih indah dari warna aslinya”, karena hal itu justru dapat mengacaukannya.
         Dalam pelaksanaannya, public relations melakukan banyak komunikasi baik secara langsung, secara personal contact maupun komunikasi melalui masa media. Menciptakan dan menjaga citra perusahaan maupun organisasi merupakan tujuan dari  kegiatan program kerja public relations baik untuk keperluan publiksai ataupun promosi. peran public relations mencakup bidang yang luas serta menyangkut hubungan dengan berbagai pihak dan tidak berbentuk hubungan dengan arti sempit  karena personal relations mempunyai peran yang cukup besar dalam kegiatan public relations.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar